Hujan Satu Hari Satu Malam di Rohul, 5 Kecamatan Terendam Banjir


ROKAN HULU, RIAUGREEN.COM - Akibat Hujan satu malam satu hari mengakibatkan lima Kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Riau yaitu Kecamatan Kabun, Tandun, Ujung Batu, Rambah Samo dan Kecamatan Rambah, Senin (23/01/2017)  terendam banjir. Banjir di 5 kecamatan ini, disebabkan tingginya intensitas hujan di wilayah Rohul sehingga mengakibatkan sungai-sungai besar di Rohul meluap. 
 
Dari data yang berhasil dihimpun RiauGreen.com dari Pusat data dan Pelaporan (Pusdalop) BPBD Rohul Senin (23/01/2017) hingga pukul 23.30 WIB, banjir rohul sudah merendam 978 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa mencapai  3396 Jiwa. 
 
Di Kecamatan Kabun, banjir merendam 2 Desa, yakni Desa Aliantan dan Desa Batu langkah. di Desa Aliantan, banjir merendam 240 rumah dengan jumlah jiwa mencapai  716 jiwa. Sementara di Desa Batu langkah, banjir merendam 30 Kepala keluarga dengan jumlah jiwa mencapai 124 jiwa. 
 
Di kecamatan Tandun, banjir merendam 3 Desa masing-masing,  Desa tandun, Desa koto tandun dan Desa Puo raya. di Desa tandun, banjir merendam sekitar 172 KK dengan jumlah jiwa mencapai  478 jiwa.  Desa koto tandun banjir  46 dengan jumlah jiwa mencapai  158 jiwa. dan Desa Puo raya merendam rumah 20 KK dengan jumlah jiwa mencapai  54 jiwa. 
 
Tak hanya kecamatan Tandun, Banjir juga meremdam Kecamatan Ujung batu. Di kecamatan berpenduduk terpadat kedua di rohul ini,  banjir merendam kelurahan ujung Batu, Desa Pematang tebih, dan Dusun Bukit Raya. Di  Kelurahan ujung batu, banjir tercatat merendam rumah 10 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa mencapai 30 jiwa. Desa Pematang tebih, banjir merendam  21 rumah dengan jumlah jiwa mencapai 77 jiwa. Serta Dusun bukit raya 66 KK dengan jumlah jiwa mencapai  264 jiwa.
 
Banjir terparah terjadi di Kecamatan Rambah samo. Di kecamatan ini, banjir merendam  350 Rumah di 5 Desa masing-masing  Desa teluk Aur,  Desa lubuk napal, Desa lubuk bilang,  Desa rambah samo, dan Desa sei salak. 
 
Banjir juga melanda Kecamatan Rambah. Di kecamatan ibukota Rohul ini, banjir merendam  Dusun darussalam. 123 KK  dengan jumlah jiwa mencapai  369. Di Dusun Nogori  banjir merendam 216 KK dengan jumlah jiwa 826. 
 
Selanjutnya, Dusun Maratugun, banjir merendam 106 KK dengan jumlah jiwa mencapai 358. Desa  Koto Tinggi merendam 45 KK dengan jumlah jiwa mencapai 180. Lingkungan tj. harapan merendam 136 kk dengan jumlah jiwa mencapai  554. Lingk Tanjung Belanti merendam 15 kk dengan jmlh jiwa 58. Lingkungan kota merendam  25 kk dengan jumlah jiwa  75. Dan Dusun Tulang Gajah desa pematang berangan. 
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu Aceng Herdiana ST.MM menyatakan pihaknya sudah melakukan berbagai upaya penanggulangan musibah banjir yang terjadi di 5 Kecamatan. 
 
Upaya-Upaya yang sudah dilakukan yakni, Melakukan evakuasi, dokumentasi, serta mendirikan tenda di beberapa titik. Aceng mengaku, pihaknya juga sudah Mendirikan dapur umum di beberapa tempat. 
 
" Kita sudah  salurkan logistik berupa beras, mie instan Nasi bungkus dan juga sarden di titik dapur umum yang sudah kita dirikan," katanya. 
 
Terpantau di kecamatan Rambah,  ketinggian air bervariasi dan cenderung bertahan. Jika hujan kembali turun, diperkirakan ketinggian air semakin meningkat, dan berpotensi areal banjir akan semakin meluas. (don)