PUSDALOPS BPBD ROHUL


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menyatakan ada 7 Kecamatan di Rohul masuk dalam kategori rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

 

Demikian disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Rohul Aceng Herdiana, ST MM, di ruang kerjanya, Komplek Bina Praja, Jumat (11/3/2016). "‎Untuk Rohul daerah rawan karhutla ada 7 Kecamatan,” ungkapnya.

 

Ketujuh kecamatan, lanjut Aceng, yaitu Rokan IV Koto, Tandun, Kabun, Rambah Samo, Rambah, Kepenuhan dan kecamatan Bonai Darussalam.

 

Aceng mengatakan memasuki musim pancaroba ini masyarakat dihimbau agar tidak membakar hutan atau lahan terutama di daerah yang masuk kategori rawan, pihaknya juga sudah koordinasi BPBD Provinsi dan Pusat sebagai komitmen dalam pencegahan bencana asap akibat Karlahut.

 

"Kita akui, alat atau perlengkapan unt‎uk pencegahan karlahut sangat kekurangan, namun berkaca dari tahun lalu, pihak kita juga mendapat bantuan dari masyarakat maupun stake holder sehingga pencegahan karlahut semakin maksimal," ucap Aceng.

 

Aceng menambahkan pada tahun ini, BPBD Rohul menerima bantuan keuangan (Bankeu) dari Provisi Riau Rp.1,4 Miliar untuk penambahan peralatan pedaman kebakaran. Dan diharapkan bantuan tersebut cepat teralisasi sehingga kinerja BPBD Rohul semakin optimal dalam menghadapi musim pancaroba.

 

"Kami harus selalu berada dibarisan terdepan untuk bencana, sesuai moto BPBD Rohul, Tanggap,Tangkas dan Tangguh,"pungkasnya.***[Bas]