Sambut Hari Siap Siaga Bencana Nasional, BPBD Rohul Gelar Simulasi Renkon Banjir


ROHUL,PoskoNews.com – Dalam rangka menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang jatuh pada tanggal 26 Maret 2017, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu (Rohul), Riau, Kamis (23/3) melakukan kegiatan rencana kontenjensi (Renkon) banjir yang dipusatkan di Jembatan Sungai Batang Lubuh II tepatnya di jalan lingkar Km 4 Pasir Pengaraian.

Menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Rohul, Aceng Herdiana, kegiatan renkon penanggulangan bencana banjir yang di ikuti personil BPBD Rohul sebagai wujud rencana aksi pengurangan resiko bencana.

“Kegiatan renkon banjir di Jembatang Sungai Batang Lubuh II Jalan lingkar Km 4 Pasir Pengaraian itu, juga difokuskan untuk peningkatan kapasitas personil BPBD Rohul dalam rangka menghadapi ancaman bencana banjir khususnya di Rohul,”kata Aceng, Jumat (24/3/2017)

Dijelaskannya, dari kegiatan renko tersebut, personil BPBD Rohul melakukan simulasi dalam melakukan penyelematan korban banjir oleh petugas TRC BPBD Rohul dengan menurunkan perau bermesin temple, menelurusi sungai batang lubuh.

Kegiatan tersebut di ikuti seluruh personil BPBD Rohul serta pejabat eselon III dan IV dilingkungan BPBD Rohul. Yang diakhirnya dengan makan bersama dengan membuka dapur umum untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan Korsa antara seluruh personil BPBD beserta pejabat yang ada